Rabu, 30 Maret 2016

:: Sejarah Stik McDermott ::






McDermott telah menjadi salah satu nama yang paling diakui dan dihormati dalam dunia biliar. Semuanya berawal ketika Jim McDermott bekerja memperbaiki stik billiard di rumahnya  pada pertengahan 1960 di daerah Milwaukee. Jim secara reguler pergi ke semua bar lokal dan poolhouse, untuk mengambil dan memberikan stik billiard yang ia diperbaiki. Pada tahun 1966, Jim bertemu pembuat stik billiard Rollie Welch dan bekerja dengannya selama beberapa tahun.

Lini produk pertama dari stik billiard McDermott diperkenalkan pada tahun 1975, kesepuluh seri awal memberikan opsi sistem baut pemberat yang dapat dipertukarkan dan tetap dipakai sampai sekarang. Meskipun banyak kolektor dan pemain menyebut ini sebagai seri “A” berdasarkan penamaan seri produk yang mengikuti Abjad alfabet, namun seri tersebut dinamakan seri M/R (Mcdermott/Rollie) yang sebenarnya pada saat itu. Dalam proses pembuatannya dibutuhkan banyak langkah dilakukan, mulai dari pemilihan kayu secara manual untuk melihat usia kayu dalam berbagai kondisi kelembaban yang bebeda dalam proses perakitannya. Kesemuanya dilakukan secara manual atau handcrafted.

Satu tahun kemudian, pada tahun 1976 lini produk seri “B” diperkenalkan. Lini produk ini terdiri dari 16 model stik billiard dimana 10 model dibuat berdasarkan model M/R sebelumnya, dengan beberapa perubahan kecil, ditambah dengan 6 model baru. Keenam model baru tersebut merupakan stik buatan mcdermott yang pertama kali menggunakan desain point pada stik buatannya.

Pada tahun 1980, McDermott memperkenalkan lini produk seri “C” yang terdiri dari 21 model. Dalam koleksi ini, model C-1 merupakan model paling sederhana dan yang paling banyak dicari oleh kolektor. Susunan konstruksi model C-1 cukup sederhana, dengan hanya mengkombinasikan 2 jenis kayu dan sering disebut Hustler cues. Semua model dalam lini produk seri “C” sangat diburu kolektor, terutama untuk stik yang memiliki tingkat kerumitan desain yang tinggi. Seri C-21 merupakan model yang paling dicari setelah setelah model-model lain yang diproduksi oleh McDermott.

Lini produk seri “D” keluar pada tahun 1984, dimana dalam seri ini terdapat 26 desain baru dari stik buatan McDermott. Dimulai dengan seri D-1 yang menampilkan desain sederhana tanpa point ataupun inlay sampai dengan seri D-25 dan D-26, yang keduanya telah memakai desain floating inlays di bagian forearm, bukan point. Lini produk seri “D” saat ini telah diberhentikan, dan menjadi buruan para kolektor stik billiard. Di masa lalu, McDermott melayani pemesanan seri yang pernah diproduksi sebelumnya sebagai model Custom. Namun MacDermott tidak lagi menggunakan desain belah/splices untuk model seri B,C dan D dengan model point, karena mereka sudah tidak bisa lagi dibuat. Seri Discontinoud lainnya yang menjadi buruan kolektor adalah seri Harley Davidson asli dari tahun 1980-an, yang sekarang dicari oleh kolektor dan penggemar memorabilia Harley Davidson. Ada juga Wildlife Collection yang dibuat 1987-1988 dengan jumlah yang sangat sedikit, dimana dalam model ini menampilkan enam desain stik billiard yang menggambarkan adegan satwa liar yang rumit dalam inlays kayu.Seri stik The Legend yang menampilkan gambar dari Elvis Presley atau Marilyn Monroe di pertengahan 1990-an merupakan salah satu model yang diburu kolektor. Seri The Masterpiece menampilkan desain paling rumit yang pernah dibuat oelh McDermott dan menggunakan jenis joint “centric” yang telah dipatenkan. Seri The Revival, diperkenalkan untuk memperingati ulang tahun ke-20 McDermott, membawa kembali beberapa desain awal pada inlay kayu dan desain joint ring yang menjadi ciri khas McDermott. Seri The Commemorative merupakan seri dengan edisi terbatas dan dibuat hanya sebanyak 1000 pcs pada tahun 1996. Seri ini nomor seri disetiap stiknya serta secara individual terdapat tandatangan Jim McDermott dibagian forearm.
Pada tahun 1988, McDermott pindah ke fasilitas produksi baru yang lebih baik, yang dirancang khusus untuk pembuatan stik billiard. Dalam fasilitas produksi yang baru, kondisi temperatur dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan damam proses pembuatan stik billiard.

Pada tahun 1994 McDermott mengalami perubahan kepemilikan, Jim McDermott menjual perusahaannya kepada beberapa pihak, namun sebagian masih atas nama anaknya Jesse, dan Larry Johns. Jim McDermott masih tetap terlibat dalam beberapa kegiatan operasional dari McDermott, dia masih tetap terlibat dalam pengerjaan stik edisi khusus. Selain itu, ada beberapa cue maker yang telah bergabung dengan selama lebih dari 20 tahun, sehingga tradisi dan kualitas yang dibangun oleh McDermott tetap terjaga dengan bagi.

Setelah mengalami pergantian kepemilikan, McDermott membuat banyak sekali desain yang sangat beragam. Dimulai dengan desain lini produk seri 2001, 2002, dan 2003 yang diperkenalkan pada tahun yang sama dengan penamaan seri. Seri Legacy merupakan kumpulan dari beberapa desain stik terkenal pada era tahun 1990-an. Seri Transfer memasukkan lukisan seni yang dibuat oleh seniman Frank Mittelstadt, seorang seniman asal Wisconsin yang terkenal dengan tema yang menggambarkan kehidupan hewan liar. Seri Harley Davidson, seri Jack Daniels Limited, seri Metal X, E dan M, seri Prestige, serta desain baru setiap bulan yang selanjutnya dinamakan “cue of the month” juga tersedia.

Pada tahun 2004, McDermott meluncurkan produk baru lainnya, dimulai dari shaft Intimidator yang merupakan lini produk shaft dengan performa tinggi dan dapat dipakai diberbagai jenis stik billiard. Shooter´s Collection Cases yang merupakan serangkain lini produk yang berisi 7 jenis tas stik billiard. McDermott clothing line, merupakan lini koleksi produk gaya hidup khususnya pakaian dan accesories pendukung lainnya untuk penggemar McDermott. Seri lini produk stik billiard V2 dengan produk apparel pendungkunya yang dikhususkan ountuk pemain wanita V2 dan didesain oleh Vivian Villarreal. Seri stik billiard M2 yang dirancang oleh Mike Massey. Promosi pemelihataan stik billiard produksi McDermott seumur hidup, GRATIS, dll.

McDermott "Limitted Edition" Series, 1998-Sekarang









  

McDermott "A" Series (M/R), 1975-1976


McDermott "B" Series, 1976-1979


McDermott "C" Series, 1980-1984


McDermott "D" Series, 1984-1990



McDermott "Wildlife" Series, 1987-1988



McDermott "Limited Licensed Series" (Harley Davidson, Jack Daniels, Corvette, etc.), 1988-2007


McDermott "E" Series, 1990-1999


McDermott "Tournament of Champions" Series (TC), 1993-1996


McDermott "Legends" Series, 1993-1994


McDermott "Revival" Series (RS), 1996-1998


McDermott "M" Series, 1997-Sekarang



McDermott "G" Series, 2000-Sekarang


McDermott "Private Label"

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar