Rabu, 30 Maret 2016

:: Sejarah Stik Schon ::

Schon dibuat mulai tahun 1981 sampai sekarang di Milwaukee, Wisconsin. Pertama kali dibuat oleh due cue makers Terry Romine dan Bob Runde di belakang rumah billiard Romine's High Pocket billiard di pusat kota Milwaukee, Wisconsin. Bob memiliki lebih dari sepuluh tahun pengalaman pembuatan cue stik sebelumnya, dan Terry juga juga memiliki pengalaman yang sama sebelumnya. Mereka memilih nama "Schon" yang berarti indah dalam kamus bahasa Jerman. Dalam proses awal pembuatannya, mereka mengambil preferensi dari beberapa cue stik yang cukup populer pada saat itu, contohnya Balabushka dan Szamboti. Kesuksesan pembuatan cue stik dengan preferensi Balabushka style tersebut berlangsung sampai dengan saat ini, dan secara berkelanjutan, Schon terus memperbaiki performa cue stick, konstruksi, dan desain dari cue stik produksi mereka.

Dasar konstruksi pembuatan butt pada Schon dibangun atas 3 konstruksi dasar. Bagian tengah butt atau lazim mereka sebut "under the wrap", dibuat dengan menggunakan teknik laminasi yang berasal dari beberapa jenis kayu yang membantu menjaga kelurusan dan konsistensi permainan. Biaya yang diperlukan untuk membangun bagian tengah ini lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan kayu maple standar, namun perlu sebuah pengorbanan untuk performa sebuah cue stik. Bagian atas butt atau lebih dikenal dengan sebutan forearm, sebanyak 85% cue stik Schon yang ada dibuat dengan menggunakan bahan Bird-Eye mapple. Seiring dengan berjalanannya waktu, penggunaan bahan exotic wood pada forearm dilakukan dengan terknik core atau pengeboran pada inti kayu dan diisi dengan kayu maple yang berguna untuk menjaga keseimbangan berat/balance cue stik, konsistensi pukulan, dan kelurusan. Penggunaan joint stainless steel yang dikombinasikan dengan bahan phenolic bada bagian inti oleh schon, telah diadopsi oleh banyak cue makers terkenal selama lebih dari 25 tahun. Konstruksi ini membantu mengurangi berat cue stik dan juga melembutkan sensitivitas transfer pukulan. Pada bagian bawah butt yang lebih dikenal dengan butt sleeves, dibuat dari berbagai bahan seperti Bird-eye maple, ebony, atau kayu eksotis lainnya, dan diakhiri dengan bagian butt cap dari bahan Delrin yang menghasilkan daya tahan terbaik pada bagian butt cap. Sebuah pengorbanan kualitas dilakukan dengan menggunakan bahan Delrin pada bagian butt cap, karena bahan ini sangat susah atau bahkan tidak bisa dilakukan finishing dengan bahan cat/pernis, namun bahan ini lebih mudah dirawat dan diperbaiki apabila terdapat kerusakan. Tujuan utama dalam pembuatan cue stik Schon adalah dapat digunakan dengan baik secara fungsi, memiliki performansi yang tinggi, serta daya tahan cue stik itu sendiri.

Semua inlay pada cue stik Schon, dibuat dengan menggunakan material berkualitas tinggi. Bagian inlay yang berwarna hitam menggunakan bahan kayu ebony, bagian berwarna putih menggunakan bahan elephant ivory, dan berbagai macam kombinasi bahan lainnya. Dalam beberapa kasus, bahan tersebut disubtitusi dengan menggunakan bahan sintetis berkualitas tinggi pada pembuatan bahan ring, dimana secara struktur tetap memberikan satu kesatuan desain yang baik pada sebuah cue stik. Bahan shaft menggunakan Hard Rock Maple yang berasal dari Amerika Utara, dikombinasikan dengan bahan ferrule (linen based ferrules) dan tip berlapis dari bahan kulit kerbau buatan mereka sendiri. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi tren dalam penggunaan maple putih sebagai bahan kayu pembuat shaft terbaik. Para cue maker schon melakukan serangkaian pengetesan terhadap preferensi penggunaan kayu maple berwarna putih sebagai bahan shaft terbaik. Namun, mereka tidak menemukan korelasi antara kerapatan serat kayu, warna kayu, berat kayu, dan pukulan yang baik dalam bermain billiard dalam hubungannya dengan penggunaan bahan kayu maple berwarna putih sebagai bahan shaft terbaik. Kunci utamanya sebenarnya ada pada kualitas hit, dikarenakan mereka hanya memproduksi cue stik dengan jumlah terbatas, mereka memiliki banyak waktu dan keleluasaan untuk melakukan pengetesan dan melakukan setting yang tepat terhadap setiap cue stik yang diproduksi di workshop mereka sehingga memiliki kualitas yang seragam. Schon juga dapat memproduksi shaft dengan berbagai macam spesifikasi, mulai dari spesifikasi panjang 27-32 inci atau besaran diameter yang diinginkan mulai dari 11mm sampai dengan 14mm. Mereka juga menawarkan pergantian bahan ferrules yang sesuai dengan permintaan pelanggan, namun hal tersebut membutuhkan biaya extra.

Cue stik Schon dapat dengan mudah dikenali dengan adanya logo Schon pada bagian butt cap. Pada tahun pertama produksi (1981), seluruh cue stik Schon menggunakan bahan phenolic cokelat pada bagian joint ring. Pada tahun 1982, seri produk pertama “S” series yang terdiri atas 16 model (Seri S1-S16) dengan ciri ciri menggunakan bahan maple pada bagian joint ring serta penggunaan veneer berlapis pada bagian point. Pada tahun 1983, seri “S” series digantikan dengan seri “R” series dengan jumlah model yang sama sebanyak 16 model. Dari tahun 1985 sampai 1987, seri tertinggi dari cue stik Schon menggunakan bahan nickel silver ring, dan pada tahun 1988, semua cue stik Schons menggunakan bahan nickel silver ring secara seragam. Pada tahun 1990-an, Schon memulai menggunakan inlay pada pembuatan point di setiap cue stik (SP dan SR series). Pada pertengahan tahun 90-an, Schon memproduksi “SL” series dengan variase model sebanyak 24 model. Dan dilanjutkan dengan “CX” series, yang secara khusus/eksklusif diproduksi berdasarkan pesanan Cuestix International dan hanya dijual melalui jaringan distribusi Cuestix International. 

Pada tahun 1992, Bob Runde pensiun dan digantikan oleh Evan Clark seagai penanggung jawan operasional produksi. Pada tahun 1993, Evan melihat beberapa shaft Schon yang tidak memenuhi standar kualitas schon dijual kepada pembeli tanpa mereka sadari, sehingga ia mulai menandai logo "Schon" dibagian shaft pada tahun yang sama. Pada shaft yang dibuat pada tahun 1993 memiliki logo "Schon" berwarna emas dibagian collar, dan setelah itu, setiap shaft ditandai dengan logo Schon secara vertikal pada bagian kayu shaft. Evan Clark mencoba membuat trobosan dengan memproduksi cue stik Schon edisi terbatas setiap minggunya, dan tidak lebih dari 12 cue stik pada setiap desain yang dibuat. Cue stik ini ditandai dengan logo "Schon Ltd." dan terkadang terdapat nomor urut cue stik dari total jumlah cue stik yang dibuat. Dia juga membuat Schon Elite dengan hanya 7 buat cue stik per desain dan cue stik lainnya dengan desain yang unik. Cue stik ini ditandai dengan logo "Schon Elite" dan "Schon Unique".

Saat ini secara umum terdapat 6 jenis seri yang di produksi oleh Schon, antara lain :
  • STL Series : Merupakan 21 model klasik terfavorit dari seluruh model yang pernah dibuat sebelumnya, dengan mengkombinasikan model R series, SP series, SL series dan ST series.



  • CX Series : Merupakan model yang secara khusus di produksi berdasarkan pesanan Cuestix International dan hanya dijual melalui jaringan distribusi Cuestix International.















  • SP Series : Merupakan cue stik spesial yang tidak diproduksi secara reguler. Tidak ada penamaan dan penomoran khusus pada seri ini. Setiap edisi hanya terdiri dari 1 atau 2 atau bahkan 30 cue stik.

  • LTD Series : Merupakan cue stik edisi spesial yang dibuat dalam jumlah terbatas sebanyak 12 atau kurang dalam setiap produksi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


  • Elite Series : Merupakan cue stik yang di produksi secara khusus dengan penamaan dan penomoran pada setiap edisinya, dan tidak lebih dari 7 stik pada setiap produksinya
 
 
 
 
 
 
 

  • Unique Series : One of a Kind Schon cues, super rare !!! 
 

  • Jump & Break 
 
 
Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar